Menghilangkan rasa panas di tangan karena cabe

Monday, March 4, 2013


Habis buat sambal bajak, sambal teri, atau lainya. mungkin sobat kuliner sambal ada yang tanganya terasa panas karena terkena cabe, berikut adalah tips untuk menghindari hal tersebut,

1. Sebelum mengupas/menyentuh cabe merah besar, siapkan beras di wadah yang besar, misalnya; ember atau baskom. Masukkan beras 1 atau 2 liter.
2. Sesaat setelah pekerjaan mengupas cabe merah besar selesai, JANGAN SEGERA DICUCI, tapi segeralah masukan tangan Anda ke dalam tumpukan beras di baskom/ember sambil diaduk-aduk atau diremas-remas, lakukan ini berulang-ulang dalam jangka waktu 15 menit atau lebih.
3. Setelah itu tuangkan minyak goreng ke telapak tangan secukupnya, kemudian Anda usapkan keseluruh lapisan tangan Anda secara merata.
4. Langkah ini sifatnya bisa dilakukan atau diabaikan saja (maklum minyak tanah mahal), yaitu tuangkan minyak tanah secukupnya ditelapak tangan, kemudian usapkan keseluruh lapisan tangan Anda secara merata.
5. Langkah terakhir, cucilah tangan Anda dengan sabun dan air untuk menghilangkan bau minyak dan menetralisir tangan Anda. Lebih baik gunakan cairan pencuci tangan yang khusus dan bukan sabun mandi/cuci pakaian.

0 comments:

Post a Comment

 
Kuliner Sambal © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets